Alasan Mengapa Harus Memilih Material uPVC Jendela

uPVC Jendela uPVC Jendela dan apa keuntungannya

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk mendesain bagian luar rumah, mengenali jenis material apa saja yang bisa digunakan adalah hal yang sangat penting. Sejatinya ada banyak jenis material yang bisa dipilih untuk bagian outdoor rumah seperti uPVC. Material yang masih tergolong baru ini sejatinya sudah secara luas dipilih untuk bahan uPVC jendela dan kusen pintu.

Material uPVC adalah pengembangan dari material PVC yang sudah sejak lama orang-orang memakainya untuk bagian dalam rumah alias indoor. Pada umumnya orang mengenal bahan ini sebagai polivinil klorida ini memiliki kekurangan yakni mudah patah dan kurang kokoh sehingga tidak cocok untuk diterapkan di bagian luar rumah. Hal ini berbeda untuk material UPVC yang memiliki lebih banyak keunggulan.

 

Material yang Lebih Keras dari PVC

 

Material PVC sejatinya adalah material turunan plastik sehingga memiliki sifat lentur dan juga tidak kuat. Sementara uPVC adalah turunan dari plastik yang telah tambahan kerangka di bagian dalam serta proses pengolahan dengan cara berbeda sehingga lebih keras dan kokoh.

Material Unplasticized Polyvynil Chloride atau uPVC memiliki sifat plastik yang lebih sedikit sehingga kelenturan menurun. Kusen uPVC jendela juga lebih berat dan kokoh karena di sisi dalamnya terdapat tambahan rangka baja. Selain material baja, kerangka dalamnya juga terkadang dipilih besi galvanis.

 

uPVC Jendela yang Anti Rayap

 

Ketimbang memilih menggunakan material berbahan kayu untuk bagian outdoor rumah, material uPVC memiliki keunggulan karena anti rayap. Material yang terbuat dengan basis plastik ini tentu secara alamiahnya tidak akan terkena serangan rayap. Dengan material yang aman dari serangan rayap dan menjamin bahwa kusen jendela Anda bisa bertahan untuk waktu penggunaan yang lama.

 

 

Tahan Terhadap Berbagai Kondisi Cuaca dan Air

 

Salah satu pertimbangan dalam memilih material untuk bagian luar rumah atau outdoor adalah faktor cuaca yang sering berubah–ubah serta paparan air hujan. Beberapa jenis material mungkin tidak akan tahan apabila terus terpapar cuaca yang begitu panas terik matahari dan kemudian secara mendadak terpapar hujan asam dalam jangka waktu lama.

 

Bebas Terhadap Risiko Korosi

 

Apabila Anda memilih material logam biasa, maka Anda harus bersabar dengan serangan korosi atau karat yang mengganggu. Untuk mengatasinya memang bisa dengan cara melapisi ulang material dengan cat logam. Namun hal ini tentu akan membuat biaya perawatan rumah Anda membengkak.

Sebaliknya jika Anda menggunakan material uPVC untuk bagian luar rumah atau outdoor, maka biaya perawatan akan jauh berkurang. Pasalnya material uPVC memiliki sifat bebas korosi karena terbuat dari bahan dasar plastik. Dengan begitu Anda tidak perlu berkutat dengan permasalahan korosi dan sebagainya.

 

 

Sambungan Tanpa Menggunakan Sekrup

 

Apabila kita ingin membandingkan antara material dari aluminium dengan material kusen uPVC jendela, maka kita bisa melihat dari segi cara penyambungan di titik-titik sudut. Sementara untuk faktor ketahanan, anti korosi, anti rayap maka keduanya memiliki kualitas yang hampir sama baiknya.

Kusen jendela dari bahan aluminium biasanya akan menggunakan sekrup untuk menyambungkan sudut ke sudut. Risiko menggunakan sekrup saat menyambung sudut adalah sekrup lebih mudah lepas serta memuai. Selain itu, apabila penyambungan tidak baik maka sudut ini bisa menjadi celah masuknya air.

Sekrup yang mudah lepas akan berisiko membuat kusen jendela yang mengapit kaca mudah terlepas dari tempatnya. Hal ini tentu sangat berbahaya apalagi jika mengenai orang di dekatnya.

Sebaliknya, penyambungan material uPVC menggunakan teknik pemanasan atau pembakaran khusus langsung dari pabrik. Penyambungan dengan dipanaskan di pabrik memiliki keunggulan yakni lebih kokoh serta tahan terhadap risiko bocor.

 

Kemampuan Mereduksi Suara

 

Jika kita bandingkan dengan dua material utama yang banyak orang pilih untuk kusen jendela, yakni kayu dan aluminium, maka dari segi reduksi suara bahan uPVC akan jauh lebih unggul. Material kayu dan juga aluminium tidak memiliki kemampuan mereduksi suara atau tidak kedap suara. Sehingga suara-suara dari luar tetap masuk ke dalam dan sebaliknya.

Sementara material uPVC memiliki kemampuan untuk menurunkan noise atau suara hingga 40 desibel. Dengan kemampuan material uPVC untuk menurunkan noise dan kebisingan tentu akan membuat Anda lebih nyaman. Selain itu, kelebihan memasang kusen uPVC adalah kusen ini dapat meredam suara atau kedap suara.

 

 

Hadir dengan Desain Lebih Menarik

 

Berbeda dengan kusen jendela yang terbuat dari material aluminium, kusen jendela yang terbuat dari bahan uPVC biasanya memiliki desain yang lebih unik dan menarik. Pasalnya, kusen jendela dari bahan aluminium memiliki sifat yang lebih kaku. Sifat yang kaku akan membuat aluminium sulit untuk dibentuk dengan berbagai macam desain.
Sementara kusen jendela dari bahan uPVC memiliki sifat lebih lentur sehingga lebih mudah untuk dibentuk melingkar ataupun melengkung. Karena kelebihan material uPVC inilah membuatnya menjadi material yang tengah melejit namanya dan terkenal hingga ke seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *