Berapa Harga Pintu Kamar Mandi UPVC ?

Berapa harga pintu kamar mandi uPVC? Bagi Anda yang tertarik dengan pintu uPVC, mungin harga menjadi halangan karena memang di beberapa tempat, harga pintu uPVC cenderung lebih mahal daripada harga pintu lainnya.   Namun, perlu menjadi perhatian bahwa harga pembelian terkadang bukanlah segalanya. Ada harga lain yang perlu Anda pertimbangkan, yakni harga perbaikan. Nah, pintu uPVC adalah pintu yang tidak membutuhkan perbaikan sama sekali karena usia pakainya mencapai 25 tahun dengan ketahanan warna. Jadi, Anda bahkan tidak perlu lagi membeli cat untuk mewarnai ulang pintu kamar mandi yang kusam.   Anda tidak percaya dengan keunggulan uPVC? Mari kita bahas jenis-jenis pintu lain yang bisa Anda gunakan sebagia pintu kamar mandi.

1. Pintu Kayu

Ini adalah jenis pintu yang paling sering kita lihat dan gunakan. Mengapa? Karena harganya cenderung lebih murah daripada harga pintu  kamar mandi lainnya. Namun, Anda perlu tahu bahwa pintu kamar mandi kayu yang murah bukanlah pintu yang terbuat dari bahan kayu terbaik. Bahkan, banyak pintu kamar mandi yang diklaim terbuat dari kayu, namun ternyata justru terbuat dari triplek. Nah, menggunakan triplek untuk pintu kamar mandi adalah sebuah kesalahan. Mengapa? Hal ini karena triplek tidak tahan terhadap kelembaban dan memiliki kekuatan yang jauh di bawah kayu. Jika Anda nekat menggunakan pintu kamar mandi triplek karena tergiur harga murah, maka bisa jadi Anda harus mengganti pintu Anda dalam waktu 1 atau 2 tahun ke depan. Dalam rentang waktu yang singkat itu, pasti akan timbul kelapukan dan juga jamur karena kelembaban kamar mandi sangatlah tinggi.    

2. Pintu Aluminium

Nah, ini adalah jenis pintu yang sebenarnya cukup unggul jika membandingkan pintu kayu dengan pintu uPVC. Namun, harganya jauh lebih mahal dari pintu kayu maupun dari harga pintu kamar mandi uPVC. Pintu aluminium memang lebih kuat dan lebih tahan terhadap benturan karena sifat aluminiumnya yang keras. Namun, pintu ini tidak tahan terhadap korosi atau pengikisan akibat karat. Mungkinkan pintu alumunium berkarat? Ya, mungkin. Aluminium sendiri mungkin tidak berkarat. Namun, perlu diingat bahwa pintu aluminium memiliki campuran besi di dalamnya. Nah, besi inilah yang berkarat. Kok bisa berkarat? Ya, tentu. Karena kamar mandi memiliki kelembaban tinggi dan karat akan tumbuh pada besi yang lembaba. Jadi, dengan memasang pintu aluminium, Anda justru akan menghabiskan lebih banyak biaya karena selain harga pintunya yang lebih mahal dari harga pintu kamar mandi uPVC, Anda juga perlu membeli pelapis anti karat dan harus sering membersihkannya dalam rentang waktu yang singkat jika tidak ingin pintu tersebut  berkarat.

3. Pintu Plastik

Ini adalah solusi paling murah. Harga pintu kamar mandi plastik memang berada di bawah harga pintu kayu dan aluminium. Selain itu, plastik juga tahan terhadap air dan karat serta memiliki kelenturan yang bagus. Lalu, mengapa tidak dijadikan pintu kamar mandi saja? Toh harganya lebih murah dari harga pintu kamar mandi uPVC. Jawabannya adalah karena pintu plastik memiliki ketahanan yang rendah terhadap benturan. Ingatlah bahwa pintu kamar mandi merupakan pintu yang paling sering dibuka tutup dan dikunci. Bila Anda menggunakan pintu plastik, maka bersiaplah dengan dana perbaikan yang sering muncul seperti kunci yang rusak karena terbuat dari plastik. Belum lagi engsel plastiknya yang sudah bengok dan tidak bisa digunakan sehingga perlu biaya pergantian.   Proses Pembuatan Pintu Kamar Mandi UPVC  

4. Pintu Kamar Mandi uPVC

Apa keunggulan dari pintu kamar mandi uPVC? Harga pintu kamar mandi dengan bahan uPVC memang terbilang tinggi, kedua tertinggi setelah pintu aluminium. Namun, bahan uPVC dengan sifat gabungan antara plastik dan logam. Artinya, pintu ini cukup kuat seperti logam aluminium, namun juga tahan korosi dan karat seperti plastik. Jadi, meskipun Anda sering membuka dan menutupnya dan sering terkena air, pintu uPVC tidak akan terkena dampak negatifnya. Apa artinya? Anda tidak perlu menyiapkan dana tambahan untuk perawatan apalagi perbaikan. Pintu uPVC juga ringan sehingga tidak akan memberatkan dan merusak dinding rumah Anda ketika pemasangan dan tetap kokoh ketika terpasang. Terakhir, penjualan pintu ini sudah termasuk set kusen sehingga menghemat ongkos pembelian dan pemasangan.  

Kesimpulan

Sekali lagi, harga pintu kamar mandi dengan bahan uPVC mungkin memang agak mahal. Namun, ini adalah bentuk investasi Anda terhadap jaminan kualitas yang tidak akan mengecewakan. Jika Anda memilih pintu jenis lain yang lebih murah, awas, bisa jadi Anda akan menghabiskan lebih banyak dana karena harus sering melakukan perbaikan dan pergantian. Belum lagi, pintu kamar mandi yang rusak akan sangat merepotkan karena idealnya pintu harus tertutup ketika kamar mandi sedang di pakai. Untuk menghemat waktu dan pikiran Anda, maka pilihlah pintu kamar mandi terbaik dari bahan uPVC, walaupun harga pintu kamar mandi dengan bahan uPVC agak tinggi dibanding pintu lainnya.

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *