Berapakah Harga Pintu Kamar Mandi uPVC ?

Pintu Kamar MandiSebelum kita bicara soal harga dari pintu ini, ada baiknya kita membahas soal alasan yang tepat mengapa Anda menggunakan uPVC dan juga mengapa Anda sebaiknya memang menggunakan uPVC.
Secara singkat, inilah alasan mengapa pintu kamar mandi memang sebaiknya menggunakan uPVC.

 

1. Lebih Lentur

 

Pintu yang terletak di tempat yang sangat vital seperti pintu depan dan kamar mandi akan sering dibuka tutup dan akan mudah rusak bila bahannya tidak lentur. Jadi, penggunaan uPVC akan membuatnya lebih awet.

 

2. Lebih Kuat

 

Tidak ada lagi cerita Anda menutup pintu kamar mandi dan tiba-tiba ada ujung yang patah atau rusak. Hal ini sangat sering terjadi pada pintu plastik. Perbandingan detailnya akan kita bahas di bawah.

 

3. Lebih Tahan Air

 

Kamar mandi adalah sumber air dan sumber kelembaban. Nah, pintu kayu biasanya akan mudah rusak dalam hitungan bulan. Kerusakan pintu kayu bisa terjadi karena jamur atau serangga dan juga lapuk karena lembab. Nah, dengan pintu ini, Anda tidak perlu khawatir.

 

 

Perbandingan Harga pintu kamar mandi uPVC dan Pintu lainnya

 

Di bawah ini, kita akan rangkum beberapa hal terkait dengan perbandingan Harga Pintu jenis ini dengan pintu  lainnya.

 

1. Pintu Kamar Mandi uPVC vs Plastik PVC

 

Ya, sebenarnya uPVC adalah bahan yang dikembangkan dari PVC. Huruf u pada uPVC terdiri dari kata unplastized. Artinya, uPVC adalah bahan PVC namun tidak menggunakan plastik sebagai campuran bahannya. Lantas, mengapa ia lebih unggul daripada PVC yang notabene adalah plastik.

Penggunaan plastik pada material bisa melemahkan material tersebut. Itulah mengapa bila Anda menggunakan furniture plastik, kan? Biasanya, selang waktu beberapa bulan setelah pemakaian maka Anda akan melihat lubang atau cekungan akibat benturan.

Hal yang sama juga dialami para pengguna pintu kamar mandi berbahan plastik PVC. Pintu jenis ini biasanya akan sangat mudah tergores, bahkan patah. Jadi, keunggulan uPVC dibandingkan plastik PVC ada pada kekuatan campurannya.

Bagaimana dari segi harga? Pintu plastik PVC dihargai 200 ribuan. Sementara harga pintu yang sama dengan bahan uPVC adalah 350 ribuan.

Secara harga, memang tidaklah jauh berbeda. Namun, dari segi kualitas, maukah Anda merelakan sedikit selisih harga itu untuk investasi? Tentunya Anda mau, mengapa? Karena pintu uPVC juga tidak memerlukan perawatan rutin sementara pintu plastik PVC harus sering dibersihkan agar tidak rusak.

Nah, dengan minimnya perawatan ini, maka sama saja Anda menghemat biaya, kan? Ketika orang-orang harus membeli pintu plastik yang baru, Anda masih bisa bertahan dengan pintu uPVC yang Anda beli sejak awal karena kualitasnya memang menjanjikan.

 

 

2. Pintu Kamar Mandi uPVC dan Pintu Kayu

 

Meskipun kayu sangat jarang digunakan untuk pintu yang sering terkena air dan lembab, tetapi masih ada orang atau kontraktor perumahan yang melakukannya. Alasannya sederhana untuk menghemat biaya. Namun, tahukah Anda apa kelemahan pintu kayu?

Kayu adalah bahan alami yang bisa rusak karena masalah alami juga, seperti serangga dan kelembapan. Jika Anda memasang pintu kayu di kamar mandi, maka kayu itu akan terekspos kelembaban dalam waktu yang lama sehingga mudah lapuk.

Pintu berbahan uPVC juga minim bakteri karena permukaannya yang halus sehingga mudah dibersihkan. Bila pintu kayu yang di gunakan di toilet Anda terkena noda atau sabun, maka membersihkannya bisa rumit, lho. Kotoran bisa masuk ke serat-serta kayu dan menyulitkan proses pembersihan.

Dengan pintu uPVC, lain ceritanya. Kotoran akan tertahan di permukaan sehingga tinggal dilap dengan kain basah saja.

Harga pintu kayu yang biasanya di gunakan untuk kamar mandi adalah 300 ribuan per unitnya. Sedangkan harga pintu dengan kegunaan yang sama dengan bahan uPVC adalah 350 ribuan. Nah, dengan perbedaan yang tipis ini maukah Anda mengambil resiko perbaikan pintu kayu yang bisa lebih mahal?

 

3. Pintu Kamar Mandi uPVC dan Pintu Metal

 

Bicara soal kekuatan, pintu metal memang rajanya. Pintu baja dan pintu alumunium sering digunakan dengan alasan kekuatannya. Namun, yakinkah Anda bahwa pintu yang anda gunakan harus kuat saja?

Tidak, pintu yang terpasang haruslah tahan terhadap karat, terutama karena letaknya di kamar mandi. Inilah kelemahan penggunaan pintu metal sebagai pintu yang di gunakan di tempat yang dekat dengan air, seperti kamar mandi atau pun dekat dengan kolam renang. Kelembaban di kamar mandi akan membuat pintu metal mudah teroksidasi atau berkarat.

Bila karat sudah muncul, maka repot nantinya. Anda bisa-bisa harus mengganti pintu metal Anda dengan pintu yang baru karena karat akan menyebabkan keropos.

Harga pintu metal juga lumayan mahal, yakni hingga 500 ribuan per unitnya. Nah, bandingkan dengan harga pintu jenis ini yang hanya 350 ribuan, lebih murah kan? Belum lagi biaya pelapisan pintu metal untuk mencegah karat. Jadinya akan jauh lebih mahal, lho.

 

 

Kesimpulan

 

Sekarang, Anda sudah tahu bahwa harga pintu ini memang agak tinggi jika membandingkannya dengan pintu  jenis lainnya yang sama-sama terpasang untuk di tempat yang sama. Namun, keunggulan materialnya yang tahan karat dan tahan banting adalah hal yang Anda cari agar awet dalam penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *