Desain Rumah Minimalis dengan Pintu Sliding uPVC

Pintu sliding uPVC saat ini banyak dipakai dalam desain rumah modern. Sebagian besar pintu ini banyak dipakai pada ruang bagian tengah guna menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lain. Misalkan saja ruang keluarga dengan ruang tamu. Pintu geser uPVC ini juga cocok dipakai pada area balkon di rumah.

Pemasangan pintu sliding dapat digunakan pada ruang sempit lainnya. Anda tidak perlu menyediakan tempat untuk membuka daun pintu secara menyamping. Membuka dan menutup pintu ini bisa dilakukan secara paralel dan memiliki roda khusus yang melancarkan proses penggeseran pintu.

 

Mekanisme Membuka dan Menutup Pintu Sliding

 

Desain pintu sliding dibuat dengan menyesuaikan ukuran tembok ruangan. Faktor pertimbangan dari desain pintu sliding yang diperlukan.

 

1. Pintu Sliding Sistem Satu Daun Bukaan

 

Apapun ukuran desain ruangan, Anda bisa menggunakan pintu sliding satu daun bukaan. Ruang yang perlu Anda persiapkan guna pemasangan pintu ini hanya 60 sampai dengan 150 cm saja. Pintu sliding model satu daun bukaan juga banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau dari model pintu sliding lain.

 

2. Pintu Sliding Sistem Dua Daun Bukaan

 

Sebagian besar rumah minimalis memiliki pintu model sliding. Apabila Anda ingin menampilkan ruangan untuk terlihat lebih luas, maka perlu menggunakan pintu sliding. Ruangan berukuran lebih luas dari 4×3, bisa menggunakan pintu sliding dua daun bukaan.

 

Lebar bukaan pintu yang perlu diperhitungkan yaitu 130 – 400 cm. Bagian tengah pintu ini terbuat dari kaca bening. Kusen pada jendela model sliding dua daun bukaan biasa berwarna putih. Anda bisa saja memesan kusen dengan warna lain maupun motif kayu.

 

Hanya saja jendela tersebut akan ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi. Harga pintu dua daun bukaan memiliki kusen warna putih bisa Anda beli mulai dari harga Rp 2.650.000 – Rp 4.000.000 per model pintu.

 

 

3. Pintu Tiga Daun Bukaan dengan 3 Rell

 

Model selanjutnya adalah Pintu Sliding Tiga Daun Bukaan dengan 3 Rell yang memerlukan lebar tembok lebih panjang dari model poin kedua. Masing-masing daun akan menempel pada bagian rel. Komponen rel berfungsi untuk membantu penggeseran setiap daun pintu sliding.

Sebagian besar pintu model ini tersedia di toko bangunan berwarna putih. Bagian lis dengan warna selain putih dapat Anda pesan secara khusus. Harga pintu ini dengan kusen pemesanan khusus sudah pasti lebih tinggi dari model pintu berkusen putih.

 

4. Pintu Sliding Dua Daun Bukaan dan Kaca Kanan Kiri Mati

 

Anda yang memiliki ruangan cukup luas bisa menggunakan pintu sliding model dua daun bukaan yang terdapat kaca kanan kiri mati. Pintu model tersebut pada bagian tengah ada yang polos dan memiliki lis kotak-kotak kecil. Sebagian besar pintu ini memiliki kusen berwarna putih. Pintu tersebut tersedia dengan harga bervariasi.

 

5. Pintu Sliding Enam Daun Bukaan

 

Anda yang memiliki ruangan yang luas dengan tembok bukaan lebar bisa menggunakan Pintu Enam Daun Bukaan, agar ruangan tampak lebih elegan dan lebih luas. Harga dari pintu tersebut sudah pasti tidak murah dan Anda perlu mempersiapkan dana mulai dari Rp 6.000.000.

 

Pintu Sliding uPVC

 

Mekanisme Pemasangan Pintu Sliding uPVC

 

Mengetahui cara memasang pintu sliding uPVC penting, sehingga tidak membuat orang yang lewat tersandung rel bagian bawah pintu. Bagian rel yang terpasang secara timbul bisa membahayakan banyak orang, terutama lansia dan anak-anak. Anda perlu untuk menanam rel saat menggunakan tipe rel di lantai.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan rel pada bagian atas atau menggantung. Hal lain perlu Anda ingat saat menggunakan rel uPVC ini yakni timbulnya suara saat Anda membuka atau menutup pintu. Melakukan pemberian  pelumas secara berkala untuk mengurangi efek suara setiap kali menggeser pintu ini.

 

Kelebihan Menggunakan Pintu Sliding

 

Setiap model pintu uPVC punya keunggulan masing-masing, termasuk pintu sliding. Pintu model tersebut bisa membantu ruangan terlihat lebih luas, karena bagian tengah biasanya berupa kaca. Anda tidak perlu tempat membuka daun pintu. Pintu ini memiliki desain yang sangat variatif dan cocok untuk segala jenis desain rumah.

Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit, seperti pada jendela kayu. Cukup membersihkan saja menggunakan pembersih kaca biasa.Jika Anda menginginkan kombinasi dengan pemandangan serba hijau atau taman, maka kusen ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Pembuatan kusen ini memiliki banyak variasi motif. Tidak perlu cemas dengan adanya hujan asam yang biasanya dapat merusak pintu kayu maupun logam. Anda tidak perlu khawatir pintu akan berjamur atau mengalami korosi juga.

 

 

Rekomendasi Pemasangan Pintu Sliding

 

Penggunaan pintu sliding uPVC bisa untuk bermacam-macam ruangan. Anda bisa memasang pintu tersebut pada kamar tidur. Pintu sliding bagian kamar tidur bisa pesan material dari non-kaca untuk bagian tengah pintunya.
Beberapa ruangan lain yang bisa menggunakan pintu model ini yakni ruang kerja, ruang balkon, ruang dengan hadapan menuju ke taman, dan pembatas ruang tamu dengan ruang keluarga. Bahkan, Anda bisa membuat kombinasi pintu sliding dengan kaca hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *