Mengapa Memilih Jendela UPVC ?

Kusen Jendela UPVC

Jendela uPVC (Unplasticized Plolyvinyl Chloride) adalah solusi untuk rumah masa kini. Jendela berbahan uPVC memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jendela lainnya. Apa saja keunggulan jendela ini? Simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Jendela uPVC

Jendela UPVC memiliki berbagai keunggulan yang menjadikannya favorit pada developer perumahan modern. Apa saja keunggulannya? Ini dia.

1. Lebih kuat

Seperti yang kita semua ketahui, jendela adalah salah satu bagian yang melindungi rumah dari dunia luar. Dengan menggunakan bahan yang kuat seperti uPVC, maka jendela akan lebih kuat dan tidak mudah rusak.
Jendela juga merupakan salah satu bagian rumah yang sering dibuka tutup, mungkin lebih sering dari pintu. Nah, jika pintu saja sudah menggunakan bahan uPVC, mengapa tidak dengan jendela?

Kusen Jendela UPVC

Jendela uPVC juga memiliki jaminan anti maling. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kuatnya sambungan antara kusen jendela dan juga jendela itu sendiri. Bahan uPVC adalah bahan yang tidak mudah bengkok atau patah, namun tetap ringan sehingga memudahkan pemasangan.

Kusen Jendela UPVC

2. Lebih lentur

Mungkin kita pernah menutup jendela terlalu kuat, biasanya karena panik saat hujan turun dan takut terkena tampias. Bila kita menggunakan jendela biasa atau berbahan kayu yang kurang bagus, biasanya menutup jendela kuat-kuat akan membuatnya menjadi rusak.

Anda bisa melihat kerusakan kecil yang terjadi. Biasanya, kerusakan ini terlihat dari ujung-ujung jendela dan juga di sambungan engsel serta di sambungan kunci jendela. Hal ini terjadi karena bahan jendela konvensional, yakni kayu, tidaklah lentur.

Kusen Jendela UPVC

Selain kekuatan, kelenturan adalah aspek terpenting dari setiap mebel. Dengan adanya sifat kelenturan, maka jendela akan mampu menyebarkan getaran yang timbul akibat benturan atau tarikan tangan Anda ketika menutup jendela.

Kelenturan ini akan membantu jendela menjadi lebih tahan karena tidak mudah rusak. Namun, apa jadinya bila lentur saja namun tidak kuat? Hal ini sama saja jeleknya. Jika Anda ingin melihat seperti apa kelenturan tanpa kekuatan, lihatlah jendela berbahan plastik PVC. Ya, bahan PVC merupakan bahan yang paling lentur namun tidak kuat. Jendela akan patah dalam pemakaian jangka panjang.

Jadi, sekarang ada pilihan jendela plastik yang lentur tapi tidak kuat, ada pula kayu yang kuat tapi tidak lentur, namun ada yang berada di tengah-tengah dan memenuhi semua kebutuhan Anda, yakni UPVC, yang kuat dan juga lentur.

3. Tahan Jamur

Sebagai bagian dari rumah Anda yang terkena dampak outdoor seperti hujan dan panas, maka jendela akan sangat penting ketahanannya terhadap kerusakan “alami” seperti jamur, lapuk, dan lain sebagainya.

Nah, jendela uPVC memiliki ketahanan terhadap jamur, lho. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan bahan uPVC yang memiliki pori-pori sangat rapat. Pori-pori yang sangat rapat ini akan mencegah jamur untuk hinggap dan bersarang. Permukan uPVC juga halus sehingga kotoran apapun atau cikal bakal jamur (yang biasanya berwarna putih) bisa dan Anda bisa langsung membersihkannya dengan kain dan air.

Bagaimana? Kapan lagi Anda bisa memiliki jendela yang tahan terhadap jamur? Hanya uPVC jawabannya.

4. Tahan Air

Pori-pori jendela UPVC yang rapat juga mencegah air untuk terperangkap. Nah, bila air tidak terperangkap, maka sudah jelas bahwa jendela akan terbebas dari kelapukan yang diakibatkan oleh usia pakai dan juga terpaan cuaca.
Berbeda dengan bahan kayu, ya. Bahan kayu memiliki usia pakai yang cukup pendek, apalagi di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Hal ini terjadi karena adanya pelapukan dari dalam akibat air yang meresap.

5. Anti Rayap

Pelapukan pada kusen jendela kayu biasanya terjadi bukan hanya karena air hujan atau jamur, melainkan juga karena adanya serangga, terutama rayap. Rayap paling sering memakan objek seperti kayu. Tak hanya itu, kelembaban dan kenyamanan di dalam kayu juga membuat rayap bersarang di dalamnya.

Dengan jendela berbahan uPVC, rayap tidak akan mau hinggap, apalagi sampai membuat sarang. Pertama, karena rayap tidak bisa “memakan” atau mencabik-cabik bahan uPVC  menjadi serpihan kecil seperti kayu. Kedua, uPVC rayap tidak dapat melubangi bahan uPVC sehingga tidak ada celah untuk pembuatan sarang.

Sama halnya dengan sarang serangga lain seperti sarang lebah dan juga sarang semut. Setelah menggunakan jendela uPVC, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada itu semua. Jendela ini aman dari serangan serangga.
Itulah 5 keunggulan jendela uPVC yang tidak dimiliki oleh jendela lain yang dibuat dari bahan kayu maupun plastik. Memang, secara sifat uPVC akan sangat mirip dengan plastik PVC.

Namun, penghilangan plastik dari PVC (sehingga menjadi UuVC) ternyata membawa berbagai dampak positif terhadap nilai kekuatannya seperti kelenturan dan juga kekuatan serta kerapatan pori sehingga jendela UPVC menjadi anti air, anti rayap, dan anti jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *