Mengapa Memilih Pintu UPVC

Pintu uPVC Pintu uPVC (unplasticised polyvinyl chloride) adalah material terbaru yang kini mulai digunakan sebagai bahan pembuatan kusen, pintu, dan juga jendela. Mengapa uPVC mulai dilirik oleh para produsen? Pada artikel ini kita akan membahas apa saja keunggulan uPVC sehingga begitu diminati.

 

Keunggulan Pintu uPVC

 

Inilah beberapa keunggulan pintu berbahan uPVC yang banyak disukai para produsen.

 

1. Kuat

 

UPVC adalah bahan yang kuat. Pada berbagai penelitian, telah terbukti bahwa uPVC lebih tahan terhadap benturan. Bahkan dalam sebuah percobaan, telah terbukti bahwa uPVC mampu menahan beban seberat 100N, atau kurang lebih 10 kg yang di letakkan di atasnya tanpa menjadi patah.

Beberapa orang bahkan telah mencoba meletakkan pintu uPVC di tanah dan melindasnya dengan mobil. Hasilnya, uPVC hanya tampak lecet tanpa ada kerusakan yang signifikan.

Ini membuat pintu berbahan uPVC begitu diminati karena tentunya memberikan keamanan ekstra. Bila Anda menggunkan pintu kayu, maka masih ada kemungkinan maling mencongkel pintu menggunakan linggis atau semacamnya. Hal ini akan membuat sambungan kunci dan lembaran kayu menjadi rusak dan pintu bisa terbuka dengan mudah.

Bagaimana dengan uPVC? Sambungan kunci dan daun pintu tidak akan rusak. Tidak ada kekuatan manusia dengan bantuan alat sekalipun yang bisa merusak sambungan ini. Jadi, keamanan adalah sebuah nilai tambah pada pintu berbahan uPVC.

 

2. Lentur

 

Anda tentu tidak senang dengan pintu yang retak-retak akibat pemakaian. Hal ini sering terjadi pada keluarga yang memiliki anak kecil yang suka bermain buka tutup pintu. Bila pintu terlalu sering dibuka tutup dengan kuat, maka pintu, apalagi pintu kayu akan menampakkan kerusakan berupa keretakan yang semakin lama akan semakin lebar.

Hal ini tentunya tidak akan terjadi dengan pintu berbahan uPVC. Pintu ini selain kuat, juga lentur. Manfaatnya adalah apabila pintu terkena impact atau benturan, maka pintu akan bergetar dan menyebarkan efek benturannya ke segala arah.Alhasil, pintu tidak akan menjadi “korban” benturan dan tidak akan retak.

 

3. Tahan Jamur

 

Bahan uPVC adalah bahan yang tidak mungkin dihinggapi jamur. Bahan ini memiliki permukaan dengan pori-pori rapat sehingga jamur tidak akan memiliki celah untuk tumbuh dan berkembang biak. Tidak seperti pintu kayu yang memiliki pori-pori besar, pintu berbahan uPVC aman dari jamur.

Jadi, tidak ada lagi ceritanya pintu lapuk atau jamur mulai tumbuh yang memiliki ciri-ciri berwarna keputihan. Dengan pintu berbahan uPVC, maka rumah Anda akan terbebas dari jamur, terutama di area pintu, kusen dan juga jendela.

 

4. Tahan air

 

Sekali lagi, pori-pori uPVC yang rapat membuatnya tidak bisa dimasuki apapun, termasuk air. Alhasil, pintu Anda tidak akan lembab walaupun terkena hujan setiap hari.

Bila pintu Anda basah, misalnya karena tampias air hujan, cukup mengelapnya saja menggunakan kain kering dan pintu akan bersih kembali. Bahkan tanpa membersihkannya pun tidak masalah, toh air itu akan turun ke lantai atau kering dengan sendirinya.

 

5. Mudah dibersihkan

 

Karena tahan air, maka pintu ini juga otomatis tahan terhadap noda, terutama noda lumpur atau tumpahan minuman yang sering sekali merusak furniture dan mebel rumah. Bila Anda tidak sengaja mengotori pintu uPVC Anda, maka cukup membersihkannya saja dengan cara mengelapnya menggunakan kain kering.

Kotoran tidak akan masuk ke pori-pori bahan uPVC yang rapat. Alhasi, pintu tidak akan menimbun noda. Jadi, selama bertahun-tahun pemakaian, pintu uPVC Anda akan tetap mempertahankan warna aslinya.

 

6. Anti-rayap

 

Sederhananya, bila air saja tidak bisa masuk dan jamur tidak bisa bertumbuh, apalagi rayap yang berukuran besar. Pintu UPVC adalah solusi bagi Anda yang mungkin sudah jenuh dengan rayap yang menggerogoti kayu hingga lapuk dan ingin mengganti pintu dengan bahan yang lebih awet. Maka, uPVC adalah jawabannya.

 

7. Tahan Panas

 

Pintu jenis ini tahan terhadap api, walaupun tentu tidak sekuat pintu metal. Ketahanan panas ini cukup untuk mencegah rumah Anda dari kebakaran lebih lanjut karena api tidak akan menyebar melalui pintu berbahan uPVC.
Jika panas api saja bisa kalah, apalagi sekedar panas sinar matahari? Inilah keunggulan bahan uPVC, bahannya tidak akan rusak bila sering terkena sinar matahari. Jadi, pintu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai pintu outdoor atau teras belakang rumah.

 

8. Tahan Lama

 

Pintu kayu biasanya membutuhkan pergantian setiap 5 tahun sekali, apalagi bila kondisi tempat tinggal lembab dan jamur menggerogoti pintu. Lain halnya dengan pintu berbahan uPVC. Sekali pasang, maka pintu akan awet seumur hidup.

Bukannya berlebihan, namun bahan uPVC memang sudah terbukti memiliki usia pakai puluhan tahun. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan budget pergantian pintu. Sisihkan uang tersebut untuk perbaikan lainnya, ya.
Itulah keunggulan pintu ini yang sudah kami rangkum untuk Anda. Bagaimana, tertarik dengan pintu berbahan uPVC ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *