Pengertian, Jenis-Jenis, Kelebihan dan Kekurangan UPVC Windows

uPVC WindowsUPVC windows adalah salah satu jenis material kontruksi bangunan berupa kusen jendela. Ya, kusen jendela yang terbuat dari bahan uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Cloride ini terbagi atas beberapa jenis, kelebihan, dan juga kekurangan tersendiri.

Jadi, bagi Anda yang berencana menggunakan material uPVC sebagai salah satu bahan kontruksi bangunan, maka Anda dapat juga menggunakan kusen jendela berbahan dasar dari uPVC.

 

Jenis-Jenis uPVC Windows

 

Setelah Anda memilih untuk menggunakan kusen jendela dari bahan uPVC, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis kusen jendela. Terdapat beberapa jenis kusen jendela dari bahan uPVC, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1. Jendela Swing

 

Jenis kusen jendela yang pertama adalah jendela swing. Jenis kusen jendela yang satu ini cukup populer dan banyak kontruksi bangunan yang menggunakan jenis kusen jendela model swing. Jendela swing ini adalah jendela dorong dan tarik model menyamping. Jendela swing ini mudah diaplikasikan dalam dalam pembangunan kontruksi bangunan.

 

 

2. Jendela Jungkit

 

Jenis jendela jungkit ini juga menjadi salah satu jenis kusen jendela yang juga banyak digunakan dalam kontruksi bangunan di Indonesia. Model jendela jungkit ini memang mirip dengan model jendela swing. Hanya saja, jendela jungkit ini adalah jendela dorong tarik model keatas dan kebawah.

 

3. Jendela Sliding

 

Jenis jendela sliding ini memang lebih “eksklusif” dibandingkan dengan jenis kusen jendela uPVC lainnya. Sebab, proses pemasangannya ini terbilang lebih rumit dibandingkan dengan jenis lainnya. Model jendela sliding ini adalah jendela geser. Sehingga, perlu pemasangan rel jendela agar jendela sliding dapat digunakan.

 

4. Jendela Mati

 

Dan jenis kusen jendela uPVC yang terakhir adalah jenis jendela mati. Jenis jendela mati ini tidak dapat Anda dorong, tarik, ataupun geser. Jadi, kusen jendela mati ini memang digunakan sebagai ventilasi agar cahaya matahari masuk dalam ruangan rumah Anda.

Pemasangan jenis jendela mati ini memang paling mudah dibandingkan dengan jenis kusen jendela model lainnya.

 

 

Kelebihan Menggunakan Kusen Jendela uPVC

Menggunakan kusen jendela uPVC adalah pilihan tepat. Sebab, jenis kusen jendela uPVC ini memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri dibandingkan jenis kusen jendela dari bahan material lainnya, seperti kayu ataupun aluminium. Untuk itu, ini dia beberapa keunggulan uPVC windows yang perlu Anda ketahui, yakni :

 

1. Anti Rayap dan Anti Karat

 

Penggunaan kusen jendela berbahan uPVC ini memang awet dan tahan lama. Sebab, kusen jendela dari bahan uPVC ini tidak mudah rusak karena berkarat atau termakan rayap.

 

2. Kuat dan Kokoh

 

Memang, kusen jendela dari bahan uPVC ini terkenal kuat dan kokoh. Bahkan, bahan dari uPVC ini tahan hingga 15 tahun. Mengapa bahan dari uPVC ini lebih kuat dan kokoh ?

Sebab, bahan uPVC ini merupakan hasil olahan dari bahan plastik ramah lingkungan dan campuran aluminium. Maka tak heran bila kusen jendela uPVC ini dirasa lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

 

3. Perawatan yang Mudah

 

Kelebihan dari kusen jendela uPVC selanjutnya adalah biaya perawatan yang mudah. Kusen jendela dari uPVC ini sangat mudah untuk melakukan perawatan dan pembersihan. Anda cukup menggunakan kain lap serta cairan pembersih untuk membersihkan kusen jendela dari uPVC.

 

4. Tahan Terhadap Cuaca Apapun

 

Kusen jendela dari uPVC ini memang terkenal tahan terhadap cuaca apapun, baik cuaca panas ataupun hujan. Sebab, kusen dari uPVC ini sanggup mereduksi panas matahari 2x lebih efektif dibandingkan dengan jenis kusen jendela lain. Selain itu, kusen jendela uPVC ini juga tahan terhadap guyuran hujan dengan intensitas tinggi sekalipun.

 

Kekurangan Menggunakan Kusen Jendela uPVC

 

Meskipun kusen jendela uPVC ini memiliki beragam kelebihan. Namun tetap saja, kusen jendela uPVC juga memiliki kekurangan tersendiri. Maka dari itu, ini dia beberapa kekurangan dari uPVC windows, yakni :

 

1. Harga yang Terlalu Mahal

 

Memang, harga dari bahan material uPVC ini lebih mahal jika membandingkan dengan bahan material lain, seperti kayu ataupun aluminium. Ya, untuk kusen jendela uPVC ini berkisar antara Rp. 215.000 hingga Rp. 380.000 per meter. Berbeda dengan kusen jendela dari bahan lain yang memiliki bandrol harga sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 200.000 per meternya.

 

2. Tidak Tahan Terhadap Api

 

Dan kekurangan kusen jendela dari bahan uPVC adalah tidak tahan terhadap api. Meskipun bahan uPVC ini tahan terhadap panas sinar matahari. Namun, akan meleleh apabila terkena api secara langsung. Sebab, bahan uPVC ini terbuat dari plastik yang mudah meleleh bila terkena api secara langsung.

UPVC windows atau kusen jendela uPVC ini merupakan salah satu jenis kusen yang cocok untuk diaplikasikan pada jenis kontruksi bangunan modern. Kusen jendela uPVC ini juga terdiri dari berbagai macam jenis. Jadi, Anda dapat memilih jenis dan model kusen uPVC sesuai dengan kebutuhan, kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *