Perbedaan Atap UPVC, Galvalum, dan Genteng Serta Harga Atap UPVC Per Meter 2020

UPVC per meter 2020

Memilih atap rumah merupakan salah satu pilihan yang sulit. Sebab, fungsi atap ini cukup vital dalam pembangunan kontruksi bangunan. Atap ini berguna untuk melindungi rumah dari terik panas matahari dan juga air hujan dengan intensitas tinggi. Pilihan atap ini memang cukup beragam, mulai dari atap galvalum, uPVC, hingga genteng.

Atap uPVC menjadi salah satu jenis pilihan yang tepat untuk desain rumah modern. Sebab, atap uPVC ini lebih awet, mampu mereduksi panas matahari, tahan terhadap air hujan berintensitas tinggi, hingga tidak mudah bocor. Untuk itu, Anda perlu mengetahui harga atap uPVC per meter 2020, apabila Anda berminat untuk menggunakan atap jenis uPVC.

Perbedaan Antara Atap uPVC, Galvalum dan Genteng
Pemilihan atap rumah memang tidak boleh sembarangan. Sebab, beberapa jenis atap rumah ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Terdapat 3 jenis atap rumah yang popular digunakan oleh masyarakat, yakni atap galvalum, genteng , dan juga uPVC.

Apa perbedaan dari ketiga jenis atap rumah tersebut ? Nah, inilah beberapa perbedaan-perbedaan antara atap galvalum, genteng, dan juga uPVC yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1. Atap Galvalum

Galvalum merupakan singkatan dari galvanis dan aluminium. Ya, penggunaan atap galvalum ini memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan penggunaan atap jenis genting dan uPVC.

Sebab, pemasangan atap galvalum ini memerlukan pembuatan kerangka atap terlebih dahulu. Pembuatan kerangka atap ini pun terbilang cukup rumit. Sehingga, tidak semua pekerja kontruksi ini sanggup membuat kerangka atap galvalum.

Selain itu atap model galvalum ini sangat tipis, sehingga atap galvalum ini tidak mampu mereduksi hawa panas dari terik sinar matahari.

 

 

2. Atap Genteng

Jenis atap genteng merupakan salah satu jenis atap yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebab, proses pembuatan atap genteng ini bersifat tradisional, yakni dengan menggunakan keramik ataupun tanah liat. Serta harga genteng ini cukup murah, yakni sekitar Rp. 2.500 hingga Rp. 30.000 per biji (tergantung jenisnya)

Penggunaan genteng sebagai pilihan atap rumah ini bukan tanpa alasan. Masyarakat di Indonesia ini beranggapan bahwa memilih genteng sebagai atap rumah ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni :

  • Harga relatif lebih murah
  • Bobot cukup ringan
  • Kuat dan tahan lama
  • Mampu mereduksi panas sinar matahari
  • Mampu mereduksi suara air hujan
  • Proses pemasangan yang cukup mudah
  • Harga murah

Meskipun genteng ini memiliki berbagai kelebihan, namun penggunaan genteng sebagai atap rumah ini juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui, seperti :

  • Mudah berlumut dan berjamur bila tidak dirawat secara berkala
  • Warna cepat memudar
  • Sulitnya menambal bagian genteng yang mengalami kebocoran atau kerusakan
  • Mudah pecah apabila diinjak

3. Atap uPVC

Atap uPVC merupakan salah satu jenis atap yang banyak digunakan pada kontruksi bangunan modern. Ya, atap rumah yang terbuat dari Unplasticized Poly Vinyl Cloride ini semakin popular karena atap uPVC memiliki banyak manfaat dan kegunaannya.

Maka tak heran bila harga atap uPVC per meter 2020 ini lebih mahal ketimbang jenis atap lainnya. Mahalnya jenis atap uPVC ini sangatlah wajar. Sebab, kelebihan dari atap uPVC ini setara dengan harganya.

Ya, atap uPVC ini mampu mereduksi panas matahari, sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman dan sejuk sekitar 2 kali lipat dibandingkan dengan mengunakan atap galvalum ataupun genteng.

Selain itu, penggunaan atap uPVC ini memang lebih awet dan tahan terhadap cuaca apapun. Sehingga, lebih hemat biaya perawatan karena atap uPVC ini tidak bisa berkarat maupun mengalami kebocoran. Dan kelebihan dari penggunaan atap uPVC ini adalah mampu bertahan hingga 10 sampai 15 tahun lamanya.

 

 

Memang harga jual dari atap jenis uPVC ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis atap genteng maupun atap galvalum. Namun dari segi kualitas dan kuantitasnya, atap uPVC ini tentu saja masih lebih unggul jika membandingkannya dengan jenis atap genteng maupun atap galvalum.

Perkiraan Harga Atap uPVC Per Meter 2020

Harga atap uPVC ini memang beragam, sesuai dengan ukuran yang menjadi kebutuhan konsumen, jenis atap uPVC, dan juga kualitasnya. Maka dari itu, inilah perkiraan harga dari atap uPVC per meternya, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Jenis Atap uPVC                                                   Harga (per meter)
Atap uPVC Rumah Twinwall                             Rp. 110.300 per meter
Atap uPVC Rooftop Warna Putih dan Biru    Rp. 110.000 per meter
Atap uPVC Singlewall                                         RP. 130.000 per meter

 

Kontruksi bangunan modern banyak memakai atap uPVC ini. Harga atap uPVC per meter 2020 ini memang lebih mahal jika membandingkannay dengan atap galvalum yang memiliki bandrol harga sekitar Rp. 50.000 – Rp. 60.000 dan juga atap genteng dengan harga sekitar Rp. 2.500 per biji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *