Rumah Modular dengan Dinding uPVC

Dinding uPVC Pernahkah Anda mendengar istilah rumah modular dengan dinding uPVC? Ini adalah konsep rumah dengan sistem pembangunan per ruangan. Jadi, misalkan Anda ingin menambah kamar, maka Anda hanya perlu memesan satu ruangan yang sudah jadi atau disebut juga dengan modul, makanya disebut rumah modular.

Rumah modular mungkin belum terlalu familiar di Indonesia. Namun, para pengembang apartemen sendiri sudah mulai menerapkan sistem pembangunan modular sehingga per ruangan apartemen bisa dipesan secara terpisah atau dicicil sesuai kebutuhan penghuni.

Hal yang akan kita bahas mendalam di artikel ini bukanlah tentang sistem pembangunan modularnya, melainkan bahan dinding yang digunakan, yakni dinding uPVC. Mengapa dinding berbahan uPVC digunakan dalam rumah modular? Selain itu, apakah kegunaan dinding berbahan uPVC selain untuk dinding rumah modular? Simak ulasannya ya.

 

Keunggulan Dinding uPVC

 

Dinding uPVC memang memiliki keunggulannya tersendiri. Apa saja keunggulannya? Ini dia detil penjelasannya.

 

1. Ringan

UPVC (Unplastized Polyvinyl Chloride) adalah bahan yang mirip dengan PVC, hanya saja kadar plastiknya dihilangkan. Apa jadinya? Ya, bahan ini akan sama ringannya dengan PVC.

Jika Anda lupa seperti apa ringannya PVC, cobalah lihat pipa air paralon di sekitar rumah Anda. Jika ada yang belum terpasang, cobalah angkat dengan satu tangan. Bisa dijamin bahwa pipa paralon sepanjang 4 meter pun dengan mudahnya bisa diangkat dengan satu tangan, kan? Seringan itulah PVC, dan juga uPVC.

Nah, dengan bahan yang ringan ini, maka pengangkutan rumah modular akan menjadi lebih mudah. Rumah modular tidak diangkut per dinding, melainkan langsung per ruangan, bahkan terkadang dengan furniture yang sudah siap di dalamnya. Bisa dibayangkan bila rumah modular dibangun dengan batu bata, maka seberat apa satu ruangan bila harus diangkut menggunakan trailer atau tronton.

 

 

2. Kuat

Meski ringan, dinding uPVC terkenal sangat kuat. Dinding ini tahan terhadap benturan. Inilah yang membedakan uPVC dengan PVC. Sebagai bahan yang berdasar plastik, PVC lebih rentan terhadap benturan daripada uPVC. Oleh karena itu, meski agak lebih ringan, PVC tidak bisa untuk dinding modular.

UPVC, dengan kekuatannya bahkan mampu menahan benturan hingga tingkat 113 Nm/s, ini adalah satuan momentum tabrakan yang setara dengan tabrakan mobil berkecepatan rendah. Sementara, batu bata dan beton sekalipun tidak akan mampu menahan benturan seperti itu.

 

3. Anti karat

Bayangkan Anda tinggal di rumah modular yang ringan dan melihat adanya karat bermunculan di dinding, pasti seram, kan? Nah, itulah alasan mengapa dinding uPVC digunakan. Dinding uPVC memiliki pori permukaan yang rapat sehingga ia tidak akan mudah kemasukan air.

Selain itu, sifat material uPVC memang tidak akan bereaksi dengan oksigen, karena reaksi dengan oksigen (oksidasi) inilah yang menyebabkan karat. Jadi, sekarang terjawab ya mengapa rumah atau dinding modular tidak menggunakan logam seperti baja atau besi dan alumunium? Jawabannya adalah karena logam lebih mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk karat.

 

4. Anti Lapuk

Seperti yang sudah dibahas di poin nomor 3, uPVC adalah bahan yang tidak mudah dimasuki air. Pori-pori permukaannya sangat rapat sehingga tidak ada celah di antaranya. Dengan tidak adanya air yang masuk, maka tidak mungkin ada pelumeran di bagian dalam (yang biasa terjadi pada kayu). Pelumeran ini akan menyebabkan lapuk pada kayu.

 

5. Anti Rayap

Ini adalah salah satu keunggulan yang paling banyak orang cari. Ini juga yang membuat banyak orang beralih dari untuk menggunakan uPVC sebagai bahan kusen. Dengan menggunakan uPVC, sekali lagi karena porinya sangat rapat, maka rayap tidak akan hidup di dalamnya dan menggerogoti material uPVC.

Mengapa bisa begitu? Pori yang rapat menandakan tidak ada udara di dalam material. Jika tidak ada udara, tentu rayap tidak akan mau tinggal di sana. Inilah alasan uPVC juga bebas rayap selain karena materialnya juga lebih keras daripada kayu sehingga sulit menjadi makanan dan sarang oleh rayap.

 

Kegunaan Lain Dinding uPVC

 

Selain untuk dinding rumah modular, inilah beberapa kegunaan lain dari dinding uPVC :

 

1. Cubicle/Sekat Kantor

 

Dengan bahannya yang ringan, maka dinding uPVC mudah untuk memindahkannya. Sangat cocok untuk sekat kantor.

 

2. Dinding Tambahan

 

Anda mungkin ingin membuat dinding tambahan yang membagi ruangan yang terlalu besar. Daripada membuat dinding dari bata, lebih baik gunakan dinding berbahan uPVC saja.

 

3. Pagar Rumah

 

Selain untuk dinding, uPVC juga sangat cocok mempergunakannya sebagai pagar karena mudah membentuknya sesuai kebutuhan dan juga tahan terhadap cuaca.

 

Kesimpulan

 

Selain untuk dinding rumah modular, ternyata dinding uPVC juga sangat cocok untuk berbagai keperluan konstruksi lainnya. Bila Anda sedang dalam proyek pembangunan, mengapa tidak menggunakan uPVC saja untuk menghemat biaya dan memudahkan pengerjaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *