Sedang Membangun Kamar Mandi? Ketahui Ukuran Pintu Kamar Mandi uPVC yang Tepat!

Ukuran Pintu Kamar Mandi Ukuran Pintu Kamar Mandi

Anda sedang membangun rumah impian, pasti mementingkan bagian kamar mandi. Salah satu komponen bangunan yang harus diperhatikan adalah bagian pintu kamar mandi. Tidak seperti pintu yang terbuat dari kayu maupun besi murni dengan notabene harga mahal, saat ini tersedia pintu dari uPVC harga terjangkau.

Bahan satu ini kokoh, sehingga bisa dipakai dalam waktu lama. Ukuran pintu kamar mandi juga tersedia dengan ukuran yang sangat bervariasi. Anda akan bisa memilih ukuran pintu sesuai desain rumah atau sesuai selera. Namun, sebelum membahas pintu kamar mandi uPVC, Anda bisa tahu informasi terkait uPVC ini.

 

Apa Itu uPVC?

 

Anda yang memang tidak bekerja di bidang konstruksi jarang mendengar uPVC. UPVC sendiri memiliki nama panjang Unplasticized Polyvinyl Chloride. Bahan tersebut merupakan turunan plastik diperkuat dengan besi, sehingga menjadi lebih kokoh.

 

Bahan ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahan pintu kamar mandi lainnya, seperti lebih lentur. Pintu dari bahan uPVC ini mudah untuk dibentuk dan didesain. Hal tersebut membuat bahan satu ini sangat populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia.

 

Mengapa Bahan uPVC Cocok untuk Pintu Kamar Mandi

 

Sebagian besar kamar mandi di Indonesia menerapkan budaya kamar mandi basah. Hal ini memicu penggunaan bahan untuk pintu kamar mandi harus memiliki bahan yang tahan basah dan anti-jamur. Sudah pasti kamar mandi basah kurang cocok bila menggunakan pintu dari kayu, karena lebih mudah berjamur dan lapuk.

Pintu kamar mandi kayu hanya cocok untuk kamar mandi kering. Karakteristik lain yang harus dimiliki pintu kamar mandi yakni tahan penyok dan anti goresan, sehingga bisa dipakai dalam waktu lama. Berangkat dari alasan tersebut, penggunaan aluminium sebagai bahan pintu kamar mandi menjadi kurang tepat.

Bahan pintu kamar mandi dari logam besi juga tidak tepat, karena logam besi mudah berkarat. Meskipun sudah mendapatkan lapisan tambahan anti-karat, tetapi saat lapisan tersebut hilang perlahan akan menyebabkan mudah terkena korosi.

Satu-satunya solusi untuk pintu tahan lama dan unggul dari semua kondisi buruk kamar mandi basah adalah uPVC. Bahan ini tidak berkarat, tahan air, anti-jamur. Dan bisa bertahan sampai 30 tahun.

 

Keunggulan Pintu Kamar Mandi uPVC

 

Bahan pintu kamar mandi uPVC memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut bisa disimak berikut.

 

1. Bahan Ramah Lingkungan

Bahan uPVC masuk dalam kategori ramah lingkungan, karena masuk dalam kategori thermoplastic yang memiliki daya tahan baik dalam berbagai cuaca dan bahan kimia. Ketahanan uPVC ini juga bertambah setelah pemberian stabilizer ramah lingkungan.

 

2. Tahan Api

Tidak bisa memungkiri bahan pintu yang baik adalah material tahan api. Bahan berkarakter tersebut sudah terwujudkan pada uPVC. Kandungan produknya membuat uPVC tahan terhadap api dan bisa menghambatnya menjalar, sehingga sangat berbeda dengan pintu terbuat dari kayu.

 

3. Perawatan uPVC Lebih Mudah

Pintu terbuat dari kayu memiliki perawatan rumit, karena bisa dimakan rayap dan juga tidak tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim. Solusi dari masalah perawatan rumit yakni uPVC. Anda yang menggunakan pintu kamar mandi terbuat dari uPVC tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya perawatan tinggi.

 

4. UPVC Kokoh Mirip Besi

Material dari uPVC sendiri terbuat dari turunan thermoplastic yang kokoh dan kuat mirip besi. Selain itu, pada bagian dalam kusen ini terdapat tambahan baja yang membuatnya semakin kokoh.

 

5. Lebih Kedap Suara

Anda pasti menyadari bahwa kamar mandi termasuk dalam ruangan yang bisa membuat suara menjadi lebih keras. Suara keras tersebut bisa teratasi menggunakan pintu kamar mandi uPVC. Bahan ini memiliki sifat kedap suara, sehingga mampu menahan suara keluar kamar mandi.

 

Berbagai Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi uPVC

 

1. Ukuran Pintu 200 x 70 cm

Jenis pintu yang pertama ini banyak tersedia dengan warna putih maupun coklat. Biasanya sudah ditawarkan bersama dengan kusen dan gagang pintu, sehingga Anda tidak lagi perlu beli sendiri kusen dan gagangnya. Pintu berukuran ini biasanya bisa langsung dipasang dan memiliki berat sekitar 14.8 kg.

 

2. Ukuran Pintu 195 x 70 cm

Ukuran kedua yang lazim penggunaannya sebagai ukuran pintu kamar mandi uPVC yaitu 195 x 70 cm. Pintu berukuran tersebut biasanya hanya ada satu warna yaitu coklat bermotif urat kayu dan harganya berkisar Rp 200.000 – Rp 300.000 untuk model tanpa cermin. Sedangkan pintu full cermin harganya bisa mencapai Rp 1.000.000.

 

3. Ukuran Pintu 200 x 80 cm

Sebagian besar pintu kamar mandi berukuran ini tersedia dengan warna putih. Pembelian pintu dengan model ini juga sudah sepaket dengan gagang dan kusen. Model pintu satu ini harganya lebih tinggi dari jenis pertama dan kedua yakni berkisar Rp 1. 400.000 – Rp 1.600.000.

 

Sekarang Anda sudah mengetahui informasi lengkap mengenai ukuran pintu kamar mandi uPVC yang tersedia di pasar dan hal berkaitan dengan uPVC. Anda bisa menggunakan informasi ini guna membangun kamar mandi impian Anda atau menyebarkan informasi ini kepada teman atau keluarga yang sedang membangun kamar mandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *