Tahap-tahap Instalasi Jendela dan Pintu dengan Bahan uPVC

 

Mengapa banyak yang memakai kusen jenis ini ?

 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan bahan uPVC dalam konstruksi rumah Anda? Bahan ini sedang naik daun di Indonesia karena memiliki beragam karakteristik yang menarik. Ketika terpapar cuaca ekstrem, pemilik rumah tidak usah risau karena bahan tersebut tidak akan mengalami korosi. Rayap juga tidak akan mengganggu struktur rumah yang terbuat dari bahan ini. Bahan ini tidak mudah goyah seperti bahan plastik biasa. Beragam desain yang tersedia di pasaran juga membuat orang-orang tertarik untuk membelinya.

 

 

Pemilik rumah di Indonesia juga sangat tertarik untuk menggunakan bahan ini dengan alasan ekonomis. Karena terbuat dari plastik, maka Anda dapat memperkirakan bahwa harganya akan jauh lebih rendah dibandingkan bahan kayu maupun baja. Keuntungan lain yang diberikan oleh uPVC dari segi ekonomis adalah perawatan yang minimal dan tidak membutuhkan biaya banyak. Anda hanya perlu membersihkan permukaan struktur dengan rutin, itupun untuk membersihkan debu di permukaannya saja.

 

Ekonomis dan bergaya

 

Alasan ekonomis yang lain adalah proses instalasi struktur dengan bahan uPVC tidak memerlukan keahlian yang tinggi. Apabila Anda mempunyai pengalaman bertukang, tidak akan sulit bagi Anda untuk melakukan instalasi mandiri. Akan tetapi, jika Anda memutuskan untuk menyewa jasa tukang, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari tukang yang bisa melakukan pekerjaan ini. Proses instalasinya cukup mudah diikuti oleh orang yang mahir dalam hal konstruksi sehingga Anda tidak perlu merogoh kantung dalam-dalam untuk menyewa tenaga ahli.
Proses Instalasi uPVC pada Jendela dan Pintu di Rumah Anda.

 

 

Pada bagian ini struktur dari uPVC yang akan dibahas proses pemasangannya adalah dua bentuk struktur paling umum yaitu jendela dan pintu. Kedua struktur rumah ini cukup umum terbuat dari bahan uPVC. Terdapat berbagai alasan yang menyebabkan hal tersebut.

Jendela dan pintu dengan bahan ini dapat meregulasi suhu udara di dalam ruangan dengan baik. Hal ini mengingat jendela dan pintu merupakan tempat sirkulasi udara di dalam rumah. Konsekuensinya, pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk energi yang digunakan agar ruangan memiliki suhu optimal.

 

Kusen yang mampu meredam suara

 

Alasan lainnya adalah kemampuan materi ini dalam melakukan reduksi kekuatan desibel. Banyak pemilik rumah yang tinggal di daerah dengan tingkat kebisingan tinggi menemukan bahwa instalasi bahan ini mampu mengurangi kebisingan di dalam rumah yang berasal dari lingkungan luar. Tentunya banyak alasan lain yang menyebabkan popularitas bahan ini untuk kusen jendela dan pintu semakin tinggi.

 

 

Untuk melakukan instalasi kusen jendela dan pintu berbahan tersebut pada rumah Anda, terdapat beberapa bahan dan peralatan yang harus tukang persiapkan. Tukang perlu menyiapkan bor mesin dengan mata bor yang kecil (sekitar 6 milimeter). Obeng, palu, pendulum, dan penembak sealant juga merupakan peralatan yang cukup penting ketika melakukan instalasi kusen dengan bahan uPVC. Untuk bahan, zat sealant yang kuat, skrup, dan isolasi kertas menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Apabila hal tersebut telah tersedia, maka tahap selanjutnya bisa dilakukan.

Tukang perlu mengukur dan menandai lokasi instalasi kusen yang pada tempat pemasangan. Melakukan pengukuran haruslah dengan presisi karena setelah tukang membuat lubang pada tanda tersebut, hal tersebut tidak bisa tukang ulang lagi. Untuk memastikan ke presisi an tersebut, Anda dapat menggunakan kusen yang akan Anda pasang. Ketika lubang telah dibuat dengan rapi sesuai keinginan tukang, maka fisher perlu dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat.

 

Beberapa tips merawat kusen uPVC

 

Kusen bisa terpasang pada tembok yang sudah terdapat lubang. Melakukan pemasangan ini perlu dengan hati-hati untuk menjaga struktur tembok. Setelah terpasang, Anda harus langsung memasangkan skrup untuk menyambungkan kusen dengan struktur tembok. Pemasangan ini perlu Anda lakukan dengan saksama guna memastikan kusen terpasang kuat pada tembok. Kusen dengan struktur yang lemah dapat menimbulkan bahaya ke depannya karena bisa jadi jendela atau pintu yang terpasang ambruk akibat hubungan yang tidak kuat.

Ketika kusen telah terpasang dengan kencang, baru Anda dapat melakukan instalasi daun jendela atau daun pintu. Pemasangan yang rapat dalam tahap ini juga merupakan hal yang penting. Setelah semua aksesoris yang terkait dengan pintu atau jendela telah terpasang, maka Anda harus melakukan tes untuk melihat apakah pintu atau jendela dapat berfungsi dengan baik. Apabila Anda kesulitan untuk menavigasi pintu atau jendela, ada kemungkinan bahwa pemasangan terlalu ketat dan hal ini harus segera Anda perbaiki.

 

 

Kemudian, Anda perlu menutup rongga-rongga antara kusen dan tembok menggunakan sealant. Untuk melindungi tampilan pintu atau jendela agar tidak kotor, permukaannya harus Anda lapisi dengan selotip kertas. Sealant perlu proses pemasangan dengan rapi agar tidak ada permukaan yang tidak merata. Anda harus menunggu hingga sealant yang sudah terpasang pada kusen pintu atau jendela bahan uPVC kering sepenuhnya sebelum membersihkan struktur dengan lap bersih atau menambahkan finishing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *