Tips Menentukan Harga UPVC per Batang dan Jenis Kusen yang Sesuai

Harga UPVC per Batang Harga UPVC per Batang Beberapa di antara Anda mungkin masih merupakan awam dalam menentukan material kusen yang cocok untuk jendela maupun pintu hunian Anda. Tentunya, Anda menginginkan material dengan kualitas terbaik dengan biaya terjangkau. Tidak terlepas dari segi biaya, tampilan akhir atau nilai estetika yang terlihat pun harus senada dengan desain hunian yang sesuai dengan selera Anda.   Meskipun pilihan material kusen yang ditawarkan di pasar sangat beragam, ada sebuah material yang saat ini banyak diminati oleh konsumen karena harganya yang murah, tahan lama, dan tidak memerlukan banyak perawatan, yaitu kusen unplasticized polyvinyl chloride, atau yang dikenal dengan singkatan uPVC.   UPVC pertama kali digunakan untuk kusen jendela dan pintu di Jerman pada tahun 1960-an, dan semakin meluas hingga ke seluruh dunia hingga saat ini. Material ini merupakan material plastik yang kokoh dan kehilangan sifat plastisnya. Berbeda dengan PVC yang non-biodegradable material ini dapat terurai secara alami jika memiliki predikat Greenline. Memiliki sifat kokoh dan kuat menjadikannya tahan terhadap berbagai cuaca ekstrem maupun sinar UV. Kusen ini juga memiliki keunggulan hemat energi ketimbang kusen dari bahan logam atau kayu, sehingga cocok dimodifikasi dan digunakan untuk berbagai jenis konstruksi seperti perumahan, sekolah, perkantoran, apartemen, ruko, hingga konservatori.   Setelah Anda mengenal berbagai kegunaan dan keuntungan uPVC, faktor harga tentunya menjadi pertimbangan Anda untuk membeli. Sebagai konsumen, Anda harus cermat dalam menentukan satuan kusen yang Anda beli: Apakah sebaiknya membeli kusen dengan harga per batang , serta mana jenis rangka kusen yang sesuai? Apa saja perbedaannya? Mari simak pembahasannya‚Ķ  

Harga uPVC per Batang

  Sebagai konsumen, Anda tentunya akan memilih material yang paling praktis dari segi biaya dan profil demi kenyamanan Anda. Harga kusen uPVC sangat bervariasi di pasaran, tergantung pada rangka internalnya. Ada rangka yang di dalamnya menggunakan baja (hollow), ada juga yang menggunakan besi galvanis. Kusen yang menggunakan baja tentunya lebih mahal ketimbang yang menggunakan besi galvanis. Akan tetapi, dari segi kelebihan material, keduanya memiliki keunggulan material yang setara, meskipun dari segi kekuatan, rangka yang menggunakan baja memang lebih kokoh.   Selanjutnya, Anda mungkin akan membandingkan lebih baik membeli uPVC per batang? Memang, ada pemasok yang menyediakan kedua jenis kusen tersebut. Akan tetapi, mana yang lebih menguntungkan untuk Anda sebagai pengguna?   Profil kusen uPVC yang kita kenal sekarang sudah melalui proses dengan mesin welding, yakni pengelasan pada suhu dan tekanan tinggi untuk menyatukan dan mengokohkan struktur kerangkanya. Jadi, untuk harga per batang lebih mahal ketimbang kusen yang sudah jadi, karena memerlukan proses welding lebih lanjut untuk membentuk kusen yang utuh. Harga per batangnya pun bervariasi, mulai dari Rp 200.000 untuk kusen pintu dan jendela, Rp 210.000 untuk kusen pintu sliding, Rp 205.000 untuk kusen jendela sliding two tracks. Harga tersebut berlaku untuk kusen berwarna putih. Kusen yang menggunakan cat coklat atau hitam relatif lebih mahal pada kisaran Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per batangnya. Selain itu, harga per batang ini panjangnya juga sudah fixed, sehingga tidak dapat memodifikasinya sesuai kemauan.   Jika mengamati lebih jauh, hal ini sangat tidak praktis dan efisien untuk Anda sebagai konsumen, karena memerlukan proses untuk menggabungkan secara lanjut dan pemasangan ini memerlukan alat khusus dan tidak bisa membuatnya secara manual serta pemotongan nya akan tidak sesuai ukurannya. Kami menyarankan Anda lebih baik membeli kusen uPVC dengan ukuran per meter, karena lebih mudah dan menyesuaikan dengan kapasitas ruang di rumah Anda akan lebih mudah.  

Kiat Menentukan Rangka Kusen

  Setelah menentukan kusen yang pas, Anda perlu menentukan jenis rangka yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Rangka kusen terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan fungsinya, yaitu kusen penerangan, kusen jendela, kusen tunggal, dan kusen gendong. Apa saja perbedaan dan fungsinya? Rangka kusen penerangan bertujuan untuk memberikan akses pencahayaan dan sirkulasi ke dalam sebuah ruangan untuk jendela yang berukuran kecil. Kusen ini tidak memiliki sirkulasi udara di bagian atasnya. Rangka kusen ini cocok untuk digunakan di area yang membutuhkan sirkulasi dan cahaya dalam jumlah terbatas, misalnya kamar mandi dan dapur.   Harga UPVC per Batang Sesuai namanya, kusen jendela khusus dirancang hanya untuk jendela. Hal yang membedakan dengan kusen penerangan adalah adanya lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara di bagian atas rangka kusen. Jika kusen jendela hanya khusus pemasangan untuk jendela, maka pemasangan kusen tunggal hanya untuk daun pintu. Sama seperti kusen jendela, kusen pintu juga memiliki lubang di bagian atasnya yang berfungsi sebagai penerangan dan sirkulasi udara.   Kusen jenis terakhir adalah kusen gendong. Kusen jenis ini merupakan gabungan dari kusen untuk pintu dan jendela. Sehingga Anda memiliki dua kusen sekaligus, yaitu untuk pintu dan jendela dengan mengunakan kusen ini. Kusen jenis ini umumnya penempatan nya di pintu utama di sebuah rumah yang mengarah ke ruang tamu atau ruang keluarga. Kusen jenis ini populer penggunaannya di seluruh dunia untuk pintu dan jendela kamar kos.

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *