Tips Menentukan Pintu Lipat uPVC yang Baik untuk Rumah Anda

Pintu Lipat UPVCAda banyak model pintu yang bisa dipilih untuk rumah. Setidaknya ada dua model pintu rumah outdoor yang banyak dipilih yakni model pintu swing atau ayun serta model pintu lipat atau folding door. Untuk jenis pintu lipat sendiri terdiri dari berbagai jenis material salah satu yang paling banyak disukai adalah pintu lipat uPVC.

Penerapan pintu lipat atau folding door pada rumah biasanya diletakkan pada bagian gerbang rumah ataupun garasi. Apabila Anda sedang mempertimbangkan pemilihan pintu lipat dari bahan uPVC, maka berikut tips yang harus diperhatikan.

Tips Memilih Pintu Lipat uPVC yang Bagus Berkualitas

 

1. Pemilihan Bahan Dilihat dari Ketebalannya

 

Ketebalan dari bahan uPVC harus sangat dipertimbangkan mengingat pintu lipat yang menggunakan uPVC tipis berisiko lebih gampang rusak terutama ketika terkena benturan atau tabrakan keras. Jangan memperhatikan segi harga saja mengingat harga yang murah biasanya menggunakan bahan yang lebih tipis.

 

2. Ukur Ukuran Pintu yang Tepat

 

Saat Anda memesan pintu lipat uPVC pastikan bahwa Anda telah mengukur ukuran pintu Anda dengan tepat. Pasalnya ada banyak varian ukuran pintu uPVC yang ada di pasaran dan tentunya akan sangat bermasalah apabila Anda memilih pintu uPVC dengan ukuran yang keliru. Ukur baik lebar dan tinggi dari pintu rumah yang akan dipasang pintu uPVC .

 

3. Cek Spesifikasi Barang Tersebut

 

Setiap merk dari panel uPVC tentu memiliki spesifikasi atau karakteristiknya masing-masing. Anda bisa mencari tahu profil uPVC tersebut dengan bertanya kepada penjual. Biasanya penjual akan menunjukkan lembaran berisi keterangan mengenai panel uPVC tersebut langsung dari pabrik. Spesifikasi tersebut akan menjelaskan mengenai material yang terkandung di dalamnya.

Pada beberapa produk yang bagus juga memiliki teknologi double sealed sistem untuk meredam suara dan kebisingan. Selain itu teknologi ini juga memungkinkan suhu AC di dalam ruangan agar tidak keluar. Kemudian Anda juga harus mengecek bahan penguatnya apakah dari baja atau besi galvanis. Fungsi penguat adalah agar kerangka pintu lebih kokoh.

 

4. Pilih Bearing Roda yang Berkualitas

 

Patut Anda ketahui bahwa pintu lipat hanya akan dapat bekerja apabila memiliki roda bearing. Roda bearing menjadi satu kesatuan yang menentukan kualitas dari pintu lipat tersebut. Oleh sebab itu pilih roda bearing yang berkualitas dan terbuat dari material stainless steel. Tujuan pemilihan roda bearing dari bahan stainless steel adalah lebih tahan lama dan tahan terhadap risiko korosi.

 

5. Perhatikan Material Pembuatan Daun Pintu

 

Patut Anda ketahui bahwa daun pintu merupakan salah satu bagian dari pintu lipat uPVC atau folding door yang paling mudah berkarat. Pasalnya, posisi daun pintu ini berada di bagian luar atau outdoor dan terpapar air hujan terus menerus. Selain itu, kelembaban udara tinggi di luar ruangan juga berisiko membuat daun pintu mudah berkarat.

Cek material apa yang terkandung untuk membuat daun pintu tersebut. Sebaiknya pilih material galvalum untuk daun pintu mengingat material galvalume memiliki ketahanan terhadap korosi atau karat yang lebih baik. Anda harus memastikan bahwa material yang terdapat pada daun pintu tersebut dari galvalum.

 

6. Jika Bisa Pilih yang Menawarkan Garansi

 

Beberapa tempat yang memberikan jasa pemasangan pintu lipat uPVC juga menawarkan garansi setelah pintu terpasang. Garansi ini akan membuat Anda lebih merasa tenang karena selama pintu tersebut masih dalam masa garansi maka kerusakan akan tanggungan pihak toko.

Garansi ini juga terkadang berasal dari pabrikan langsung. Untuk itu jika memungkinkan carilah produk yang menawarkan garansi.

 

7. Awasi Saat Proses Pemasangan

 

Selain kualitas material uPVC itu sendiri, yang menentukan pintu lipat atau folding door bagus adalah cara pemasangan pintu tersebut. Untuk itu sebaiknya Anda mempercayakan pemasangan pintu lipat dari bahan uPVC kepada pihak yang sudah berpengalaman. Pasalnya pemasangan yang tidak tepat juga akan membuat folding door tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

 

8. Rel yang Digunakan

 

Untuk pintu lipat atau folding door membutuhkan rel agar pintu bisa bergerak dengan cara menggeser pintu. Rel yang bagus untuk pintu lipat adalah jenis rel tanam karena memiliki daya tahan yang lebih mumpuni terhadap tekanan eksternal. Selain itu rel jenis tanam juga lebih awet dan lebih mudah dalam pemasangannya ketimbang model rel lainnya.

 

9. Kualitas Pelatuk

 

Pelatuk adalah bagian yang sangat krusial dalam pintu lipat karena memiliki fungsi sebagai pengunci dari pintu. Oleh sebab itu masalah pada pelatuk bisa membuat pintu tidak dapat terbuka atau terkunci. Pilih hanya pelatuk yang berkualitas dan juga tidak mudah berkarat.

Untuk rumah sekaligus toko maka pintu lipat memang menjadi pilihan utama karena lebih mudah untuk membuka dan menutup toko. Sehingga bisa kita katakan pintu lipat ini menjadi investasi untuk usaha Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *