Wah! Ternyata UPVC adalah Bahan Bangunan Paling Awet

uPVC adalahUnplasticized Polyvinyl Chloride atau uPVC adalah bahan bangunan dengan ketahanan luar biasa sehingga tidak perlu perawatan yang rumit. UPVC merupakan bahan alternatif sebagai pengganti kayu, sebagian besar untuk kusen pintu dan kusen jendela. UPVC juga merupakan bahan yang kuat yang sering digunakan sebagai bagian outdoor dari rumah Anda karena tahan terhadap karat dan juga terhadap pelapukan akibat kelembaban udara.

Sejauh ini, bahan ini adalah alternatif terbaik yang lebih murah daripada kayu dan aluminium yang mahal. Ini adalah bahan yang populer karena daya tahannya dan menjadi pilihan yang hemat biaya. Kekuatan luar biasa, keserbagunaan dan perawatan yang rendah berasal dari diproduksi menggunakan senyawa kimia tertentu sehingga bahannya tidak bersifat lemah seperti plastik dan bahkan mirip dengan baja. Artinya, Anda sebagai pemilik rumah tidak perlu menyiapkan budget perbaikan dalam jangka waktu yang sangat lama.

 

Apa Keunggulan Lain uPVC ?

 

Selain sebagai bahan yang kuat, lentur dan tahan lama. UPVC juga bebas BPA juga berarti bahwa uPVC dapat digunakan dalam peralatan medis tanpa takut terkontaminasi. UPVC sering digunakan dalam retainer gigi karena karakteristiknya yang kokoh dan tidak beracun.

 

Apa saja keunggulannya? Ini dia daftar keunggulan uPVC:

  1. Tidak melengkung dalam suhu panas
  2.  Bebas BPA
  3. Dapat didaur ulang
  4. Tahan lama & tahan lama
  5. Tahan terhadap erosi kimia
  6. Perawatan yang mudah
  7. Harga yang terjangkau dan proses produksi yang mudah

 

Mengapa kusen pintu dan jendela uPVC disukai oleh pemilik rumah?

 

Apa yang membuat uPVC menjadi bahan yang ideal untuk kusen? Semua ini bermula dari benua asalnya, yakni Eropa. Rumah-rumah di Eropa telah menampilkan kusen jendela dan pintu yang menggunakan bahan ini selama beberapa dekade karena mereka menyadari kualitas insulator yang lebih unggul jika membandingkannya dengan logam. Di Eropa, insulasi suhu rumah sangatlah penting mengingat di sana terdiri dari 4 musim.

 

Tahan Cuaca

 

UPVC kusen pintu dan jendela sangat tahan terhadap angin, hujan, karat, lapuk, dan berbagai kerusakan kimiawi. Kusen dengan bahan ini tidak akan menyimpan kelembaban sehingga tidak ada jamur yang berkembang biak.
UPVC adalah bahan yang juga tahan terhadap panas sehingga tidak akan melengkung bila terkena matahari yang terik, tidak akan memudar atau mengelupas.

 

 

Minim perawatan

 

Menggunakan kusen pintu dan jendela dengan biaya perawatan yang rendah adalah keuntungan besar bagi rumah, kantor, dan bangunan komersial. Fakta bahwa uPVC tahan terhadap masalah yang mengganggu seperti karat, lapuk dan jamur berarti kusen jendela ini tidak memerlukan pembersihan yang terlalu sering.

UPVC juga tidak memerlukan lapisan zat khusus untuk menangkal pertumbuhan bakteri atau mencegah reaksi kimia dari terjadi, seperti kayu yang bisa lapuk dan aluminium yang bisa terkena korosi. Yang Anda butuhkan hanyalah spons dan seember air sabun untuk menghilangkan debu dan kotoran! Jadi, kebersihan kusen ini murni karena estetika, bukan karena takut kerusakan.

 

Tahan Lama

 

UPVC adalah bahan dengan usia pakai sekitar 25 tahun karena kelenturan daya tahannya. Tak hanya itu, uPVC juga memang sudah memiliki rancangan untuk mempertahankan kecemerlangan warna sepanjang usia pakai produk.

Jadi, bila sejak awal Anda menggunakan uPVC berwarna putih, misalnya, maka sudah jelas bahwa selama 25 tahun usia pemakaian, Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang dan lain sebagainya karena warnanya akan tetap putih selama 25 tahun tersebut, terlepas dari cuaca dan panas matahari.

 

Pemasangan yang mudah

 

Ukuran kusen uPVC memiliki rancangan dan bentuk yang sesuai dan sama dengan jendela pada umumnya. Begitupun kusen pintu uPVC yang proses pembuatannya memang untuk pintu dengan ukuran yang sesuai. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat ukuran sendiri. Alhasil, biaya tukang untuk pemasangan juga akan menjadi lebih murah, kan?

Meski begitu, Anda juga dapat memesan kusen ini secara custom untuk menyesuaikan rumah Anda yang unik. Namun, pembuatannya juga tidak akan membutuhkan waktu lama karena mengolah bahan ini terbilang mudah dan tidak akan mudah rusak saat proses pengangkutan dan pemasangan.

Bahkan, bila Anda ingin pemasangan lebih efisien lagi, saat ini sudah banyak kusen uPVC yang dalam penjualannya sudah termasuk dengan kusen yang ingin Anda beli. Jadi, pemasangan murni tinggal menyesuaikan ke bangunan Anda saja. Tidak ada lagi cerita pintu tidak pas dengan kusen atau jendela yang tidak cocok dengan kusen. Semua sudah tersedia dan Anda hanya perlu memasangnya saja, mudah kan?

 

 

 

Kesimpulan

Jadi, uPVC adalah bahan tahan benturan dan tahan cuaca dengan usia pakai yang sangat lama. Kekuatan dan ketahanan bahan ini sudah banyak yang membuktikannya di negara dengan 4 musim di Eropa yang mana penggunaan kayu sering menjadi masalah. Bila di negara dengan musim dingin dan musim panas ekstrim saja bisa tahan, tentu bahan ini akan tahan di Indonesia, apalagi dengan keunggulanya yang tahan terhadap air.

Bila Anda tertarik dengan rumah yang tahan dan tidak butuh perawatan ekstra, maka kusen ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *